ORGANISASI DAN PROSES BISNIS

ORGANISASI DAN PROSES BISNIS

Dalam menjalankan misi dan tugas sebagaimana di atas, maka Struktur Organisasi PT PLN (Persero) UIT JBTB disesuaikan berdasarkan Peraturan Direksi Nomor: 0149.P/DIR/2018 tentang Susunan Organisasi dan Formasi Jabatan PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali sebagaimana gambar II.3.

Unit Pelaksana Transmisi (UPT) memiliki tugas mengelola dan memelihara instalasi transmisi di wilayah kerjanya. Adapun kantor dan wilayah kerja unit pelaksana adalah sebagaimana tabel II.2

Gambar II.4 menunjukkan secara umum proses bisnis yang dijalankan oleh PT PLN (Persero) UIT JBTB adalah sebagai berikut:

  1. Proses Bisnis UIT JBTB mengacu KEPDIR 980.K/DIR/2014 tentang Bisnis Proses Framework PLN.
  2. Proses Bisnis UIT JBTB terdiri dari Proses Manajemen, Proses Operasi dan Proses Penunjang yang didukung oleh PLN Management System.
  3. UIT JBTB memiliki fungsi strategis yaitu mengkomunikasikan misi yang telah ditetapkan oleh PLN serta mengembangkan visi dan strategi UIT JBTB yang merupakan bagian dari Proses Manajemen.
  4. Proses Operasi unit transmisi mencakup fungsi pengembangan dan pengelolaan jasa penyaluran, pengelolaan pengadaan dan logistik, pengoperasian aset produktif serta pengelolaan layanan pelanggan.
  5. Proses Operasi unit transmisi didukung oleh proses penunjang yang terdiri dari pengembangan dan pengelolaan SDM & Umum, TI, keuangan & akuntansi, risiko, kepatuhan, perbaikan dan ketahanan perusahaan, hubungan eksternal, serta kemampuan usaha.
  6. Output akhir dari proses bisnis di unit transmisi adalah jasa penyaluran tenaga listrik yang sesuai dengan stakeholder requirements.