APEL GABUNGAN BULAN K3 NASIONAL PLN JAWA TIMUR GRUP

APEL GABUNGAN BULAN K3 NASIONAL PLN JAWA TIMUR GRUP
February 13, 2020 No Comments Uncategorized SUIMAM RUSPANDI

“Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” dipilih Kementerian Ketenagakerjaan sebagai tema pada Bulan K3 Nasional tahun 2020. Bulan K3 Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Januari – 12 Pebruari setiap tahunnya. Dalam rangka memperingati hal tersebut maka dilaksanakan Apel Gabungan Bulan K3 Nasional PLN Grup Jawa Timur pada 12 Februari 2020 di lapangan GKB Manyar Gresik.

Kegiatan apel ini dilaksanakan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa bagian Timur dan Bali I, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa bagian Timur dan Bali II, PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa bagian Timur dan Bali, dan PT PJB. Dengan dihadiri oleh masing-masing General Manager Unit Induk, Direktur Operasi 2 PT PJB, Pejabat K3L, Manager UPT, Manager ULTG, Tim PDKB dan Tim Pemeliharaan, Humas, dan semua staff terkait. Dari pihak undangan hadir Bupati Gresik yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda Jawa Timur, Perwakilan Dinas Keteganakerjaan & Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, berserta jajaran Muspida Kabupaten Gresik

General Manager (GM) UIT JBTB bapak Suroso menjadi Pembina Apel. Dalam amanatnya, Bapak Suroso menyampaikan Sambutan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Pemerintahan saat ini memiliki 7 agenda prioritas yang tertuang dalam RPJMN, dua diantaranya adalah meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing serta memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. Dalam agenda peningkatan kualitas SDM, perlu pemahaman K3 yang komprehensif bagi SDM di perusahaan, guna memastikan dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan beresiko, dapat dilakukan secara aman. Pada akhirnya dapat menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, efisien dan produktif. Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan. Namun juga dapat memengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan ini unit-unit PLN Wilayah Jawa Timur mendukung dan berkomitmen untuk selalu memperhatikan K3 dalam pekerjaan. Seluruh GM PLN Jawa Timur Grup melakukan penandatangan Komitmen K3. Ditengah kegiatan, pasukan PDKB UID Jatim, UIT JBTB, dan PJB melaksanakan demo tentang bagaimana mereka sebelum melaksanakan pekerjaan. Semua dilakukan sesuai dengan prosedur K3. Safety adalah yang utama. Put safety first. Mari kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk memperkuat pelaksanaan K3 secara nasional sebagai elemen penting dalam melakukan reformasi ketenagakerjaan. Seusai pelaksanaan apel dilakukan parade dan demo pasukan dari PLN Group Jawa Timur. Menyimulasikan pekerjaan dalam keadaan bertegangan menengah/TM, pemasangan tiang pool TM pemasangan konstruksi hingga fire rescue sesuai dengan standar operating system (SOP) baku,  penggunaan kelengkapan alat pelindung diri (APD).

Tidak hanya parade simulasi oleh pasukan, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PLN Group Jawa Timur turut menyerahkan 1.000 bibit tanaman kepada Bupati Gresik yang diwakili oleh Eko Anindito Putro, Kepala Dinas Pertanian. Terkait penanaman 1000 bibit pohon ini, semoga tidak hanya menyumbang oksigen tetapi juga menjadikan Kabupaten Gresik lebih bersih dan bebas polusi,” ungkap Eko.

K3 Unggul, Indonesia Maju ! Salam K3 !



About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *