BEDAH TEKNIK, GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEGAWAI

BEDAH TEKNIK, GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEGAWAI
December 12, 2019 No Comments Uncategorized SUIMAM RUSPANDI

Kegiatan knowledge sharing Bedah Teknik dengan tema “New Technology Approaches in Power System Quality and Reliability“. Kegiatan berlangsung selama 2 hari dimulai tanggal 10-11 Desember yang bertempat di Hotel Alana, Jl. Ketintang Baru I No. 10-12, Surabaya. Acara dimulai pukul 07.30-17.00 WIB dengan diikuti oleh 34 peserta, yaitu pegawai bidang perencanaan dan pemeliharaan dari PLN UIT JBTB, serta perwakilan bidang perencanaan dan pemeliharaan masing-masing Unit Pelaksana Transmisi (UPT). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pegawai terkait dengan power system.

Acara dibuka oleh Bapak Andhy Dharma selaku Senior Manager Perencanaan, yang mewakili General Manager PLN UIT JBTB. Beliau menyampaikan bahwa pemahaman yang utuh terhadap berbagai situasi ataupun peristiwa, bermanfaat dalam menambah wawasan dan menjadi expert di bidang masing-masing.

Acara dilanjutkan oleh Bapak Sidik Prasetyo selaku MSN Enjiniring, materi yang disampaikan terkait 4 permasalahan dan tantangan yang sering terjadi dengan engineering di Jawa Timur dan Bali:

  1. Konfigurasi sistem Jawa Timur dan Bali terkait permasalahan beban listrik. Bahwa beban listrik di malam hari lebih besar, dibandingkan beban di siang hari. Dan paling besar beban listrik terjadi di bulan Oktober, sehingga sering menyebutnya dengan syndrome October.
  2. Keandalan sistem 500 kV Jawa Timur
  3. Jawa Bali Transfer
  4. Voltage Quality

Selanjutnya, sharing bersama Dr. Muhammad Reza dengan materi FACTS Defice‚Äôs Technology. Dalam sharing tersebut, beliau membahas prinsip kontrol sistem, kapasitor, SVC (Static VAR Compensator), STATCOM (Static Synchronous Compensator), trilema listrik, HVDC (High Voltage Direct Current). Trilema listrik yang terdiri dari lingkungan, mahal, kualitas dan handal. Sedangkan HVDC sendiri digunakan untuk mengurangi kehilangan energi pada transmisi jarak jauh. Selain itu, HVDC mempermudah integrasi sumber energi terbarukan ke dalam arus bolak-balik.

Pada hari ke-dua yaitu Rabu, 11 Desember 2019 dimulai pukul 07.30-17.00 WIB. Acara masih dengan pemateri Dr. Muhammad Reza yang membahas tentang Technoeconomic Analysis Of FACTS Devices. Kemudian pada siang hari, acara bedah teknik dilanjutkan oleh pemateri Dr. Eka Firmansyah yang merupakan dosen Teknik di Universitas Gadjah Mada yang membuat kendaraan listrik bersama mahasiswanya. Beliau menyampaikan materi tentang Battery Energy Storage Technologies. Energy Storage Technologies dibagi menjadi 4 yaitu Electrochemical, Electromagnetic, Thermodynamic, And Mechanical. Beliau juga menyampaikan pesan, bahwa ketika kita menggunakan energy storage, maka harus menguasai inverter.

Poin penting yang disampaikan ada 4 (empat), yaitu:

  1. Teknologi yang kita pilih harus berkelanjutan, termasuk kemampuan recycle
  2. Teknologi mampu di rawat secara mandiri
  3. Ketergantungan asing dalam tingkat masuk akal
  4. Smart-Grid dan Microgrid menjadi sudut pandang baru

Beliau juga berpesan bahwa kita harus berhati-hati dalam 3 hal di Industri 4.0, yang kedepannya dapat menggantikan pekerjaan manusia, yaitu sebagai berikut:

  1. Mekanisme inferensi dengan kecerdasan buatan
  2. Data digital saling terkoneksi (internet)
  3. Aksi kendali nyata (inovasi)


About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *